Minggu, 02 Agustus 2009

Resep Pelembut & Pewangi Pakaian - Formula Softener

Pelembut Pakaian - Formula dan Resep

Bahan:
Supersoft 200-300gr
Parfum Snappy/ Ocean Fresh 6-12cc
Fixative 6cc
Methanol + Pewarna secukupnya
Aquadest / Air Hangat 700 – 800cc

Cara Membuat:
1. Tuang Supersoft dalam wadah plastik
2. Tambahkan Air Hangat sedikit demi sedikit, campur hingga rata
3. Pada Wadah yang lain campukan Parfum, Fixative, Methanol & Pewarna
4. (2) + (3) Aduk Rata
5. Siap Dikemas
Untuk produksi dalam Jumlah besar bisa memakai Mixer Low Speed



Bahan Aktif pelembut Pakain:

Supersoft adalah bahan baku utama untuk pembuatan softener pakaian atau pelembut pakaian. Bentuknya pasta putih kental.Larut dalam air hangat. Pada pembuatan Softener sejenis molto, Supersoft tinggal dilarutkan didalam air hangat dan diberi Parfum Khusus untuk softener.
Ionic Type: Cationic
Dosis Pemakaian 20-30%.
Tersedia dalam kemasan eceran/kg.
Kemasan 50kg/drum & Kemasan 120kg/drum.

Parfum:
Parfum untuk Pelembut Pakaian adalah jenis parfum yang khusus, tahan panas & wangi melekat.
Jenis Parfum/Fragrance yang sering digunakan pada formula Pelembut Pakaian antara lain:
Parfum Snappy, biasanya digunakan untuk Pelembut Pakain/Softener warna Pink.
Parfum Ocean Fresh, biasanya digunakan untuk Pelembut Pakaian warna Biru.
Parfum jenis yang lain : Blue Fresh/Molto Blue, Satin Fresh, & Glory.
Pemilihan Jenis Parfum ini sangat menentukan keberhasilan penjualan karena, selain melembutkan, Harum dari pelembut Pakaian sangat menentukan keberhasilan penjualan Produk.

Fixative.
Fixative adalah bahan kimia yang berfungsi untuk melekatkan parfum ke serat kain.

Methanol/ alcohol, adalah pelarut parfum. Fungsinya agar Parfum larut dalam bahan softener.

Pewarna. Pewarna yang digunakan untuk Pelmbut Pakaian adalah Pewarna Makanan. Fungsinya untuk memperindah tampilan Pelembut Pakianan sehingga Penampilannya Menarik.

Bahan Bahan Pelembut Pakain Bisa dibeli di:
CV. Tristar Chemical
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok FA No.3
Telp: 62-31-8721242 – 8704937
Flexi: 031-71871521
HP; 08123040593
Surabaya
Emai: chemical.tristar@gmail.com

VCD Tutorial Cara membuat Pelembut Pakaian/Softener.
Rp 100.000,-. Bila Anda Berminat bisa menghubungi: Mbak Nur di HP 081332004197

Kursus Cara Memproduksi Pelembut Pakaian.
Biaya : Rp 200.000,-
Durasi: 2-3jam 1X Pertemuan. Peserta Langsung Praktek.
Avilable: Kursus dengan menggunakan Mixer Industri Low Speed, dengan Tambahan Biaya Praktek & Bahan.
Info: Tristar Pusat Kursus Home Industry & Handicraft.
Jln. Rungkut Mapan Utara Blok CA 24 Surabaya,
Telp; 62-31-8794764-65. 031-8707808. HP 085731051010.

Sekilas Tentang Pelembut Pakaian
Pelembut pakaian, bagaimanapun, sampaikan banyak lebih dari satu lunak, berbulu halus, perasaan mewah untuk paling pakaian. Mereka mengurangi belengket statis dan goncangan elektris yang dihasilkan oleh buildup keelektrikan statik. Mereka menyusut kerut pakaian dan setrika perbuatan lebih mudah dan waktu pengeringan lebih pendek. Mereka mengurangi kerusakan serabut. Lebih dari itu, sehubungan dengan bau semerbak mereka, mereka mengabarkan satu bau senangkan ke pakaian dicuci. Mereka juga boleh menyampaikan berbagai aktif seperti tanah melepaskan agen, memutihkan agen, dan agen antiwrinkle ke pakaian. Setelah mempertimbangkan pembenaran untuk pelembut pakaian, asal dari kebutuhan dan bermanfaat bagi menyampaikan, ulasan bab ini teknologi dari formula ini — ilmu kimia dan process— dan kimia fisik dari pakaian lunak.

Sejarah Pelembut Pakaian
Kehalusan pakaian menunjuk ke satu perasaan senangkan ketika mempergunakan pakaian, yaitu dipelihara oleh secara teratur memperlakukan penatu dengan formula sesuai. Pelembut pakaian, bagaimanapun, sampaikan banyak lebih dari satu lunak, berbulu halus, perasaan mewah untuk paling pakaian. Mereka kurangi belengket statis dan goncangan elektris yang dihasilkan oleh buildup keelektrikan statik. Mereka menyusut kerut pakaian dan setrika perbuatan lebih mudah dan waktu pengeringan lebih pendek. Mereka mengurangi kerusakan serabut. Lebih dari itu, sehubungan dengan bau semerbak mereka, mereka mengabarkan satu bau senangkan ke pakaian dicuci. Mereka juga boleh menyampaikan berbagai aktif seperti tanah melepaskan agen, memutihkan agen, dan agen antiwrinkle ke pakaian. Setelah mempertimbangkan pembenaran untuk pelembut pakaian, asal dari kebutuhan dan bermanfaat bagi menyampaikan, ulasan bab ini teknologi dari formula ini — ilmu kimia dan process— dan kimia fisik dari pakaian lunak. harus dimiliki perasaan yang sama sebagai sesuatu alami. Juga, alat pengering terguling elektrik adalah — dan statis adalah — lebih populer. Mereka mengabarkan satu kehalusan yang dapat dipahami ke pakaian, tapi pada akhir dari terguling mengeringkan butir data melekat bersama-sama karena akibat keelektrikan statik yang dihasilkan pada lebih kering. Suatu kebutuhan karenanya dimunculkan untuk kontrol statis. Melapisi serabut dengan satu materi berminyak menetralkan kerusakan yang dihasilkan oleh lebih kondisi cuci agresif. Mantel mungkin berlaku bagi pakaian selama bilasan, selama pengeringan, atau sekarang bahkan selama pencucian. Hasil kehalusan terbaik diperoleh dengan memperkenalkan pelembut selama bilasan terakhir. Sejak formula maka undergoes satu cairan sangat besar, aktif harus menunjukkan satu daya tarik besar untuk substrate (daya tarik didefinisikan sebagai koefisien sekat di antara pakaian dan minuman keras). Oleh sebab itu paling pakaian pelembut adalah berlandaskan kationik surfaktan, tunjukkan yang satu daya tarik terkenal untuk pakaian.

Komposisi dan Resep Pelembut Pakaian
Gubahan pelembut pakaian secara teratur dimodifikasi, sebagai hasil variasi pada kinerja perlukan, pada sekunder idaman untung, dan di peraturan. Mereka selalu telah sedang mempesona dan menantang formula, seperti mereka harus kukuh stabil pada botol dan destabilize pada saat cairan untuk menyimpan ke atas pakaian semasa bilasan. Ini dicapai oleh dengan cermat memilih resep.

A. Bahan Pelembut/Softening Ingredients
Bahan Aktif pelembut Pakain:
Supersoft adalah bahan baku utama untuk pembuatan softener pakaian atau pelembut pakaian. Bentuknya pasta putih kental.Larut dalam air hangat. Pada pembuatan Softener sejenis molto, Supersoft tinggal dilarutkan didalam air hangat dan diberi Parfum Khusus untuk softener.
Ionic Type: Cationic
Dosis Pemakaian 20-30%.



B. Formula dan Bahan Lain

Parfum Untuk Pelembut Pakaian
Karakteristik estetika dari pelembut pakaian selalu telah tarik banyak perhatian dari formulators. Masing-masing formula dibuat menurut selera oleh beberapa spesifik resep, tentukan yang penampilan ini. Satu parfum sesuai biasanya ditambahkan ke pakaian pelembut. Menetralkan bau dasar dan abar ke formula satu bau senangkan, gambarkan yang bermanfaat bagi yang disampaikan oleh formula, satu-satunya dihadapi tantangan oleh parfum memondokkan ketika mereka mengembangkan satu bau semerbak untuk pelembut pakaian. Parfum juga sudah untuk memenuhi kebutuhan penting yang lain, kandang kuda seperti itu sisa pada formula — jendela kemantapan dari banyak parfum resep adalah agak sempit — dan mempertahankan formula rheology dan kemantapan penyimpanan tidak berubah. Tidak ada pemisahan tahap, modifikasi dari sifat merekat, atau keaiban kimia harus terjadi. Satu kali penyetelan lebih baik dilengkapi dan kondisi di atas dipenuhi pada satu gubahan tertentu, parfum dioptimalkan untuk mendapat satu reaksi konsumen positif.
Banyak pakaian pelembut dicelup untuk meliputi aspek kekuning-kuningan dari formula. Secara kebiasaan, mereka adalah biru, karena akibat sukses dari Hibur, salah satu Ungkit merek paling awal Sekarang ini, berbagai celup biasanya menyesuaikan tempat bernaung dan kekuatan dari diinginkan yang berwarna dan apapun warna mungkin ditemukan pada rak pasar besar. Celup pantas, bagaimanapun, harus selamat untuk gubahan, untuk pakaian, dan untuk lingkungan. Celup harus larut dalam air dan biodegradable, dan harus menunjukkan hak milik nonstaining.
Paling formula distabilkan melawan keaiban biologi oleh bahan pengawet. Terlepas dari aktivitas antibacterial dari kationik surfaktan, ada beberapa risiko dengan pencemaran hasil bakteri dari pelembut pakaian. Paling umumnya, air yang telah diionisasi harus biasanya merumuskan pelembut pakaian. Dengan cara ini satu mungkin penyebab elektrolit variasi sehubungan dengan menyiram mutu dihilangkan. Lebih dari itu, ini adalah satu cara untuk menghindari buat-buatan dengan ion ferric, yang yang dapat menyebabkan pakaian menguning. Sesuaikan perlakuan dari pertolongan air menghilangkan pencemaran awal dari formula. Kalau air nondeionized dipergunakan, kekentalan formula tersisa rendah dan satu thickener harus digabungkan. Akibat bahan pengental sempurna telah diperoleh dengan nonionic bahan kimia untuk cat turunan, kationik guar rekatkan, atau crosslinked kationik polyacrylates.
Pelembut pakaian juga boleh mengandung agen antistatic (anionic atau ethoxylated nonionic surfaktan) dan / atau humectants untuk banyak taraf kelembaban pada permukaan pakaian Sebagai dinyatakan oleh Levinson, bilas pelembut penambahan juga menyediakan satu cara untuk memperkenalkan resep berharga pada proses cuci itu tidak boleh menjadi yang dapat dipertukarkan dengan deterjen penatu Beberapa hak paten telah diarsipkan meliputi persatuan dari tanah pelepasan polyethylene terephthalate agen, mengandung nitrogen polimer atau polyvinylpyrrolidone (PVP)-ketik polimer untuk larangan transfer celup dan pelepasan tanah biocidal quaternaries untuk menggencet formasi berlumut dan bau pada pakaian basah, dan banyak orang lain
Beberapa resep telah dipergunakan di beberapa pakaian pelembut untuk menyampaikan bermanfaat bagi tertentu. Antara mereka adalah berikut: Agen biru untuk menetralkan menguning kecenderungan dari kationik aktif. Cosolvents dan hydrotropes seperti merumuskan bantuan dan untuk membuat formula dengan mudah dosis dan dispersi pada minuman keras bilasan tanpa mempengaruhi kemantapan penyimpanan Kelelahan membantu pastikan bahwa kondisi terbaik dicapai pada pemandian pencucian untuk memperoleh pemecatan penuh dari pelembut. Antara sistem ini adalah pengendali pH Nonionic surfaktan punya akibat terbalik, saat mereka cenderung memegang agen lunak pada minuman keras bilasan. Agen Antifreezing. Ketika ini mencairkan setelah mempunyai telah dibekukan, satu pakaian siklus bilasan pelembut biasanya undergoes satu peningkatan sangat besar dari kekentalan sisa itu bahkan setelah penyimpanan berlarut-larut di suhu-kamar. Masalah ini dihindari dengan memperkenalkan satu agen antifreezing. Penambahan dari 4 to7%methanol, ethanol, (poly)ethylene glycol, atau eter glycol melindungi formula dari bulu halus beku ke –7? C; tanpa perlindungan, awal formula membekukan di di sekitar –2? C. Untuk alasan-alasan keselamatan, sejumlah agen antifreezing harus dipertahankan serendah mungkin. Metanol, yaitu lebih murah dibandingkan ethylene glycol, didaftarkan sebagai satu racun pada beberapa negara. Pelembut imidazolinium adalah kurang tunduk kepada ketidakstabilan freeze–thaw dibandingkan DHTDMAC. brightener optis. Karena akibat saring akibat aktif, meringankan serabut mungkin berbias kurang cahaya dan menjadi sedikit banyak kurang terang.
Untuk mengatasi masalah, pakaianan menambahkan satu optis brightener untuk beberapa formula. Abenefit dapat tentu saja jadi ditayangkan pada laboratori oleh perbandingan fluorescence dan pasangan test; pengguna, siapa melaksanakan perbandingan pasangan, dengan susah mendeteksi perbedaan. Bermanfaat bagi pada butir data warna jadilah lebih jelas nyata dan konsumen biasanya merasa kebangkitan kembali berwarna. Memilih satu calon memerlukan satu penilaian persiapan dari mungkin corak warna ubah. Karakteristik keseluruhan dari formula selesai adalah hasil dari buat-buatan dari zat tambahan (nonionic surfaktan, elektrolit, polimer kationik), dari sifat alami dan sejumlah parfum, dan dari prosedur pakaianasi (suhu, aduk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar